A. Bahasa Pemrograman
Bahasa
pemrograman,
atau sering diistilahkan juga dengan bahasa
komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi
standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan
suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik
yang dipakai untuk mendefinisikan program
komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan
secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan
disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil
dalam berbagai situasi. dalam membuat sebuah program dengan menggunakan
bahasa pemrograman adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan,yaitu sebagai
berikut
-
Algoritma
Algoritma
adalah langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan berurutan untuk
menyelesaikan suatu masalah. Sedangkan Algoritma Pemrograman adalah
langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah
pemrograman komputer.
Dalam
pemrograman yang sederhana, algoritma merupakan langkah pertama yang harus
ditulis sebelum menuliskan program. Masalah yang dapat diselesaikan dengan
pemrograman komputer adalah masalah-masalah yang berhubungan dengan perhitungan
matematika
-
Syntax
Syntax dalam pemrograman
merupakan suatu perintah atapun code yang dijadikan sebagai standar penulisan
dalam bahasa pemrogran tertentu. Setiap bahasa pemrograman memiliki sintak
tersendiri yang pastinya berbeda antara satu bahasa pemrograman dengan bahasa
pemrograman lain, namun hal yang sama dari setiap sintak adalah pasti terdapat
awal dan akhir program, pasti terdapat operasi input, output, dan proses. Maka
dari itu seteleah mengetahui algortima dari program, kita harus mengetahui
sintak dari bahasa pemrograman yang akan kita gunakan.
-
Intepreter
Intepreter
adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program yang kita buat lalu
menerjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin bisa melakukan instruksi
yang diminta oleh programer tersebut sesuai dengan yang diminta oleh programer,
dan pustaka adalah suatu library standar yang terdapa pada bahasa pemrogram
yang didalamnya terdapat suatu perintah yang berfungsi untuk mendukung dalam
pembuatan suatu program (biasanya terdapat dalam bahasa C, C++, Java).
Intepreter dan pustaka perlu kita pahami dalam pembuatan suatu program, agar
kita dapat membuat program sesuai dengan keinginan kita.
- IDE + OS
OS adalah
komponen pengolah peranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai
pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan
menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem
operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak
sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat
menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali
program booting.
IDE (Integrated
Development Environment) adalah perangkat lunak yang diperlukan untuk pembuat
suatu program yang akhirnya akan menjadi software. Dengan menggunakan IDE semua
hal yang dibutuhkan oleh programer sudah dikelompokan menjadi satu dalam suatu
perangkat lunak, hal tersebut mulai dari text editor, compiler (intepreter), system
help dan kebutuhan lain yang bisa mendukung pembuat suatu program. Contoh IDE :
python, codeblocks , DevC++, dll.
B. Model Pemrograman
Setelah
kita mengetahui tentang bahasa pemrograman, selanjutnya hal yang perlu kita
ketahui dalam pembuatan suatu program adalah model dari program yang akan kita
buat tersebut. Dalam pemrograman dikenal dua model pemrograman yakni secara
struktural dan object oriented. Penjelasan dari kedua model pemrograman
tersebut adalah sebagai berikut
-
Struktural
Model pemrograman
ini memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis,
logis, dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami.
Dalam model pemrograman ini terdapat fungsi dan prosedur. Fungsi adalah
bagian dari program yang memiliki nama tertentu, digunakan untuk mengerjakan
suatu pekerjaan tertentu, serta letaknya terpisah dari bagian program yang
menggunakannya, sedangkan prosedur adalah sederetan instruksi yang dikerjakan
secara berurutan dan diberi nama, dan memiliki tujuan tertentu. Fungsi dan
prosedur bekerja dengan mekanisme pemanggilan pengembalian (call back
mechanism). Yang membedakan adalah prosedur tidak mengembalikan nilai keluar
setelah pemanggilannya.
Contohn bahasa pemrograman yang menggunakan konsep struktural adalah Pascal dan C.
Contohn bahasa pemrograman yang menggunakan konsep struktural adalah Pascal dan C.
-
Objek Oriented
Model pemrograman ini
berorientasi pada objek, ditunjukkan dengan adanya object dan class. Object
memiliki nilai dan direferensikan pleh pengidentifikasi, dan class merupakan
kumpulan definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit yang dapat menentukan
apa yang dimiliki sebuah object dan dilakukan oleh sebuah object.
Contoh
bahasa pemrograman yang menggunakan metode object oriented adalah Java (JZEE,
JZGE, JZME), python
C. Peran
Bahasa
pemrograman memiliki peranan-peranan penting ya itu sebagai berikut
- Jaringan Komputer : Socket Programming
(C, Java, Python)
Dalam perannya jaringan komputer berperan dalam komunikasi data atau
pergerakan data dari setiap pengguna jaringan. Dalam sistem jaringan tersebut
terdapat sebuah komputer pusat atau pengolah pusat. Biasanya komputer pusat ini
berupa seperangkat komputer mainframe yang terhubung dengan jumlah terminal.
Terminal-terminal ini bisa disimpan berdekatan dengan CPU atau terpisah dengan
jarak yang cukup jauh atau bisa sangat jauh sekali, atau bahkan tersimpan luar
negri atau dibelahan benua lain. Hampir
di setiap instansi, seperti pemerintahan, perbankan, pendidikan, dan sebagainya
telah menggunakan jaringan komputer. Dengan jaringan komputer, pengolahan dan
komunikasi data dapat dilakukan secara lebih cepat dan efisien.
- Database : DBS (Java, OBDC, Python)
Database adalah kumpulan data
yang saling berhubungan (berelasi), yang diolah dan diorganisasikan
sehingga menjadi sebuah informasi yang berguna tanpa adanya redudansi
(pengulangan) data yang tidak perlu.
- Internet Of Thing
Internet of Things
(IoT) adalah sebuah konsep yang bertujuan
untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus, berikut kemampuan remote
control, berbagi data,
dan sebagainya, termasuk pada benda-benda di dunia fisik. Bahan pangan, elektronik, peralatan apa saja, koleksi, termasuk benda hidup, yang semuanya tersambung
ke jaringan lokal dan global melalui
sensor tertanam dan selalu “on”.
- Cloud Computing
Google drive merupakan contoh
dari pemanfaatan teknologi cloud computing, teknologi ini sering digunakan oleh
seseorang untuk menyimpan data pribadinya dalam suatu media penyimpanan yang
mudah untuk diakses tanpa perlu membawa media penyimpanan tersebut, bisanya
media penyimpanan yang digunakan adalah google drive, yang pastinya bisa
diakses dimana saja asalkan ada suatu jaringan internet.
- Intelligent Transportation System
Intelligent Transportation
System (ITS) adalah integrasi antar sistem informasi dan teknologi
komunikasi dengan infrastruktur transportasi, kendaraan, dan pengguna jalan.
Sistem ini diharapkan dapat membantu sistem transportasi secara keseluruhan
untuk bekerja lebih efektif dan efisien. Contoh dari penerapan Intelligent
Transportation System antara lain sistem pemarkiran cerdas dengan menggunakan
sensor untuk membantu memarkirkan mobil.
- Parallel
Computing
Parallel computing merupakan suatu metode
dengan memanfaatkan komputer dengan spesifikasi yang minimal, namun dalam
jumlah banyak yang saling terkoneksi untuk membangun suatu server. Hal ini
terkesan memang lebih sulit jika dibandingkan dengan kita menggunakan satu
komputer saja sebagai server, walaupun demikian ternyata metode parallel
computing ini lebih efisien dalam hal kecepatan kinerja dari pada kita harus
menggunakan satu komputer saja untuk server, yang tentunya bisa membuat
komputer itu bekerja begitu berat dan akan berpengaruh pada kecepatan
prosesnya. Parallel computing ini merupakan metode yang paling banyak digunakan
oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membangun sebuah server contohnya
google.
- Bio Informatika, E Health
Bioinformatika merupakan ilmu terapan yang
lahir dari perkembangan teknologi informasi dibidang molekular. Pembahasan
dibidang bioinformatik ini tidak terlepas dari perkembangan biologi molekular
modern, salah satunya peningkatan pemahaman manusia dalam bidang genomic yang
terdapat dalam molekul DNA.
D. Tips Pemrograman
dalam membuat suatu program ada beberapa
tips yang perlu diperhatikan. Berikut merupakan beberapa tips tersebut
- Pahami
Algoritmanya
Saat anda membuat algoritma pastikan anda mengerti algoritmanya. agar
program yang anda buat tidak
mengalami bugs yang menyebabkan program anda tidak berjalan sesuai keinginan
apalagi jika sampai terjadi loop tak hingga, bisa fatal akibatnya.
- Kuasai Sintaks
Selanjutnya kuasai sintaks
bahasa pemrograman yang anda gunakan agar anda dengan mudah dapat menerjemahkan
algoritma yang anda telah buat tadi.
- Pahami Model Pemrograman
Selanjutnya pahami model pemrograman yang akan
kita gunakan apakah model program tersebut struktural atau object oriented.
Karena ada beberapa orang yang sudah terbiasa menggunakan model pemrograman
structural sulit untuk kembali ke model pemrograman object oriented.
- Berlatih
Berlatih adalah salahsatu kunci terpenting dalam menguasai pemrograman,
dengan latihan secara rutin kita dapat lebih memahami bahasa pemrograman dan
struktur yang dipakai sehingga dapat mempermudah proses pemrograman.
- Studi Kasus Sehari-hari
sering melakukan studi kasus dapat membuat logika kita semakin terlatih
dan semakin cepat dalam menyelesaikan sebuah program.
- Aktif Dalam Pemrograman
kita
harus mengembangkan program yang sudah kita buat, agar ilmu yang kita miliki
berkembang dan tidak hanya sampai di program tersebut saja. Untuk memperluas
wawasan kita tentang pemrograman, kita juga perlu ikut serta dan aktif aktif
dalam pengembangan suatu hal yang berkaitan dengan pemrograman
E. Security
security dalam pemrograman
berarti kemungkinan dimana suatu program yang dibuat tidak sesuai dengan apa
yang diinginkan programernya. Adapun security dalam hal pemrograman adalah
sebagai berikut
- Kesalahan Algoritma
Jika
dalam membuat programan algoritma yang kita gunakan salah maka bisa saja
program yang kita buat tidak bisa berjalan sesuai dengan yang kita rencanakan.
Kesalahan algoritma juga bisa berakibat fatal seperti saat worm pertama kali ditemukan. worm
tersebut ada secara tidak sengaja dimana worm tersebut melipat gandakan dirinya
secara terus menerus dan mengakibatkan internet pada masa itu mati total.
- Buffer
Overlow
buffer adalah tempat penampungan, overflow artinya kelebihan muatan. Jadi
buffer overflow adalah suatu kondisi dimana element-element yang ada tidak
dapat lagi menempati tempat penampungan yang ada.
F. Tingkat Pemrograman
Secara
umum tingkat dari bahasa pemrograman dapat dibedakan menjadi dua tingkat
yaitu
-
Tinggi
Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu
bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa
manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Komputer dapat
mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter.
Contohnya
bahasa Pascal, C, Java.
-
Rendah
Bahasa
pemrograman generasi pertama. Bahasa jenis ini sangat sulit dimengerti karena
instruksinya menggunakan bahasa mesin. Disebut juga dengan bahasa assembly
merupakan bahasa dengan pemetaan satu – persatu terhadap instruksi komputer.
Setiap intruksi assembly diterjemahkan dengan menggunakan assembler.
SUMBER:
0 komentar:
Posting Komentar