Catatan Kecil KYP Selama Kuliah di TI Udayana

  • Home
  • Tutorial
  • Sosial Media
  • PSTI
  • Pemrograman
  • Algoritma
  • Basis Data
  • Materi SMA
PSTI

INTRODUCTION : BAHASA PEMROGRAMAN DAN PERANANNYA

Sabtu, 26 November 2016 By Unknown 0 Comments

A. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi. dalam membuat sebuah program dengan menggunakan bahasa pemrograman adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan,yaitu sebagai berikut
-       Algoritma
Algoritma adalah langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah.  Sedangkan Algoritma Pemrograman adalah langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
Dalam pemrograman yang sederhana, algoritma merupakan langkah pertama yang harus ditulis sebelum menuliskan program. Masalah yang dapat diselesaikan dengan pemrograman komputer adalah masalah-masalah yang berhubungan dengan perhitungan matematika

-       Syntax
Syntax dalam pemrograman merupakan suatu perintah atapun code yang dijadikan sebagai standar penulisan dalam bahasa pemrogran tertentu. Setiap bahasa pemrograman memiliki sintak tersendiri yang pastinya berbeda antara satu bahasa pemrograman dengan bahasa pemrograman lain, namun hal yang sama dari setiap sintak adalah pasti terdapat awal dan akhir program, pasti terdapat operasi input, output, dan proses. Maka dari itu seteleah mengetahui algortima dari program, kita harus mengetahui sintak dari bahasa pemrograman yang akan kita gunakan.

-       Intepreter
Intepreter adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program yang kita buat lalu menerjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin bisa melakukan instruksi yang diminta oleh programer tersebut sesuai dengan yang diminta oleh programer, dan pustaka adalah suatu library standar yang terdapa pada bahasa pemrogram yang didalamnya terdapat suatu perintah yang berfungsi untuk mendukung dalam pembuatan suatu program (biasanya terdapat dalam bahasa C, C++, Java). Intepreter dan pustaka perlu kita pahami dalam pembuatan suatu program, agar kita dapat membuat program sesuai dengan keinginan kita.

-       IDE + OS
OS adalah komponen pengolah peranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.
IDE (Integrated Development Environment) adalah perangkat lunak yang diperlukan untuk pembuat suatu program yang akhirnya akan menjadi software. Dengan menggunakan IDE semua hal yang dibutuhkan oleh programer sudah dikelompokan menjadi satu dalam suatu perangkat lunak, hal tersebut mulai dari text editor, compiler (intepreter), system help dan kebutuhan lain yang bisa mendukung pembuat suatu program. Contoh IDE : python, codeblocks , DevC++, dll.


B. Model Pemrograman

Setelah kita mengetahui tentang bahasa pemrograman, selanjutnya hal yang perlu kita ketahui dalam pembuatan suatu program adalah model dari program yang akan kita buat tersebut. Dalam pemrograman dikenal dua model pemrograman yakni secara struktural dan object oriented. Penjelasan dari kedua model pemrograman tersebut adalah sebagai berikut
-       Struktural
Model pemrograman ini memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis, dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami. Dalam model pemrograman ini terdapat fungsi dan prosedur. Fungsi adalah bagian dari program yang memiliki nama tertentu, digunakan untuk mengerjakan suatu pekerjaan tertentu, serta letaknya terpisah dari bagian program yang menggunakannya, sedangkan prosedur adalah sederetan instruksi yang dikerjakan secara berurutan dan diberi nama, dan memiliki tujuan tertentu. Fungsi dan prosedur bekerja dengan mekanisme pemanggilan pengembalian (call back mechanism). Yang membedakan adalah prosedur tidak mengembalikan nilai keluar setelah pemanggilannya.
Contohn bahasa pemrograman yang menggunakan konsep struktural adalah Pascal dan C.

-       Objek Oriented
Model pemrograman ini berorientasi pada objek, ditunjukkan dengan adanya object dan class. Object memiliki nilai dan direferensikan pleh pengidentifikasi, dan class merupakan kumpulan definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit yang dapat menentukan apa yang dimiliki sebuah object dan dilakukan oleh sebuah object.
Contoh bahasa pemrograman yang menggunakan metode object oriented adalah Java (JZEE, JZGE, JZME), python

C. Peran
Bahasa pemrograman memiliki peranan-peranan penting ya itu sebagai berikut
-       Jaringan Komputer : Socket Programming (C, Java, Python)
Dalam perannya jaringan komputer berperan dalam komunikasi data atau pergerakan data dari setiap pengguna jaringan. Dalam sistem jaringan tersebut terdapat sebuah komputer pusat atau pengolah pusat. Biasanya komputer pusat ini berupa seperangkat komputer mainframe yang terhubung dengan jumlah terminal. Terminal-terminal ini bisa disimpan berdekatan dengan CPU atau terpisah dengan jarak yang cukup jauh atau bisa sangat jauh sekali, atau bahkan tersimpan luar negri atau dibelahan benua lain. Hampir di setiap instansi, seperti pemerintahan, perbankan, pendidikan, dan sebagainya telah menggunakan jaringan komputer. Dengan jaringan komputer, pengolahan dan komunikasi data dapat dilakukan secara lebih cepat dan efisien.

-       Database : DBS (Java, OBDC, Python)
Database adalah kumpulan data yang saling berhubungan (berelasi), yang diolah dan diorganisasikan sehingga menjadi sebuah informasi yang berguna tanpa adanya redudansi (pengulangan) data yang tidak perlu.

-       Internet Of Thing
Internet of Things (IoT) adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus, berikut kemampuan remote control, berbagi data, dan sebagainya, termasuk pada benda-benda di dunia fisik. Bahan pangan, elektronik, peralatan apa saja, koleksi, termasuk benda hidup, yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor tertanam dan selalu “on”.

-       Cloud Computing
Google drive merupakan contoh dari pemanfaatan teknologi cloud computing, teknologi ini sering digunakan oleh seseorang untuk menyimpan data pribadinya dalam suatu media penyimpanan yang mudah untuk diakses tanpa perlu membawa media penyimpanan tersebut, bisanya media penyimpanan yang digunakan adalah google drive, yang pastinya bisa diakses dimana saja asalkan ada suatu jaringan internet.

-       Intelligent Transportation System
Intelligent Transportation System (ITS) adalah integrasi antar sistem informasi dan teknologi komunikasi dengan infrastruktur transportasi, kendaraan, dan pengguna jalan. Sistem ini diharapkan dapat membantu sistem transportasi secara keseluruhan untuk bekerja lebih efektif dan efisien. Contoh dari penerapan Intelligent Transportation System antara lain sistem pemarkiran cerdas dengan menggunakan sensor untuk membantu memarkirkan mobil.

-       Parallel Computing
Parallel computing merupakan suatu metode dengan memanfaatkan komputer dengan spesifikasi yang minimal, namun dalam jumlah banyak yang saling terkoneksi untuk membangun suatu server. Hal ini terkesan memang lebih sulit jika dibandingkan dengan kita menggunakan satu komputer saja sebagai server, walaupun demikian ternyata metode parallel computing ini lebih efisien dalam hal kecepatan kinerja dari pada kita harus menggunakan satu komputer saja untuk server, yang tentunya bisa membuat komputer itu bekerja begitu berat dan akan berpengaruh pada kecepatan prosesnya. Parallel computing ini merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membangun sebuah server contohnya google.

-       Bio Informatika, E Health
Bioinformatika merupakan ilmu terapan yang lahir dari perkembangan teknologi informasi dibidang molekular. Pembahasan dibidang bioinformatik ini tidak terlepas dari perkembangan biologi molekular modern, salah satunya peningkatan pemahaman manusia dalam bidang genomic yang terdapat dalam molekul DNA.

D. Tips Pemrograman
dalam membuat suatu program ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Berikut merupakan beberapa tips tersebut
-       Pahami Algoritmanya
Saat anda membuat algoritma pastikan anda mengerti algoritmanya. agar program yang anda buat  tidak mengalami bugs yang menyebabkan program anda tidak berjalan sesuai keinginan apalagi jika sampai terjadi loop tak hingga, bisa fatal akibatnya.

-       Kuasai Sintaks
Selanjutnya kuasai sintaks bahasa pemrograman yang anda gunakan agar anda dengan mudah dapat menerjemahkan algoritma yang anda telah buat tadi.

-       Pahami Model Pemrograman
Selanjutnya pahami model pemrograman yang akan kita gunakan apakah model program tersebut struktural atau object oriented. Karena ada beberapa orang yang sudah terbiasa menggunakan model pemrograman structural sulit untuk kembali ke model pemrograman object oriented.

-       Berlatih
Berlatih adalah salahsatu kunci terpenting dalam menguasai pemrograman, dengan latihan secara rutin kita dapat lebih memahami bahasa pemrograman dan struktur yang dipakai sehingga dapat mempermudah proses pemrograman.

-       Studi Kasus Sehari-hari
sering melakukan studi kasus dapat membuat logika kita semakin terlatih dan semakin cepat dalam menyelesaikan sebuah program.

-       Aktif Dalam Pemrograman
kita harus mengembangkan program yang sudah kita buat, agar ilmu yang kita miliki berkembang dan tidak hanya sampai di program tersebut saja. Untuk memperluas wawasan kita tentang pemrograman, kita juga perlu ikut serta dan aktif aktif dalam pengembangan suatu hal yang berkaitan dengan pemrograman

E. Security
security dalam pemrograman berarti kemungkinan dimana suatu program yang dibuat tidak sesuai dengan apa yang diinginkan programernya. Adapun security dalam hal pemrograman adalah sebagai berikut
-       Kesalahan Algoritma
Jika dalam membuat programan algoritma yang kita gunakan salah maka bisa saja program yang kita buat tidak bisa berjalan sesuai dengan yang kita rencanakan. Kesalahan algoritma juga bisa berakibat fatal seperti saat worm pertama kali ditemukan. worm tersebut ada secara tidak sengaja dimana worm tersebut melipat gandakan dirinya secara terus menerus dan mengakibatkan internet pada masa itu mati total.

-       Buffer Overlow
buffer adalah tempat penampungan, overflow artinya kelebihan muatan. Jadi buffer overflow adalah suatu kondisi dimana element-element yang ada tidak dapat lagi menempati tempat penampungan yang ada.


F. Tingkat Pemrograman

Secara umum tingkat dari  bahasa pemrograman dapat dibedakan menjadi dua tingkat yaitu
-       Tinggi
Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter.
Contohnya bahasa Pascal, C, Java.

-       Rendah
Bahasa pemrograman generasi pertama. Bahasa jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Disebut juga dengan bahasa assembly merupakan bahasa dengan pemetaan satu – persatu terhadap instruksi komputer. Setiap intruksi assembly diterjemahkan dengan menggunakan assembler.



SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_pemrograman
http://www.eventzero.org/defenisi-peran-dan-manfaat-jaringan-komputer/
http://gudanglinux.com/glossary/internet-of-things/
https://florange.wordpress.com/2011/04/15/bio-informatika/
http://danihidayatuloh.blogspot.co.id/2010/12/konsep-buffer-overflow.html
https://princenduttt.wordpress.com/2009/03/16/contoh-bahasa-pemrograman-tingkat-tinggi-dan-rendah/
PSTI
Share:

Unknown
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna.

Related Articles


0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Langganan: Posting Komentar ( Atom )

Popular Posts

  • Proses Pembuatan Cincin Perak
    Kembali lagi bersama saya, kaliini saya membuat artikel yang berjudul "Proses Pembuatan Cincin Perak". ...
  • Membuktikan Suatu Makanan Mengandung Protein, Lemak, Karbohidrat(amilum), dan Glukosa.
    A.   Tujuan Membuktikan bahwa suatu makanan mengandung protein, lemak, karbohidrat(amilum), dan glukosa. B.    Alat dan Ba...
  • Pointer
      Pointer   adalah suatu variable yang berisi alamat memory sebagai nilainya. Alamat ini merupakan lokasi dari obyek lain ( biasanya   varia...
  • Uji Kandungan Urin
    1.     Judul Uji Kandungan Urin 2.     Tujuan Untuk mengetahui pH urin serta kandungan berbagai zat (protein dan gula) dal...
  • Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw
    1. Pick tool = berfungsi untuk seleksi objek atau memilih objek Freehand Pick tool = berfungsi untuk seleksi objek secara beba...
  • Query Select
    SELECT adalah perintah yang paling sering digunakan pada SQL, sehingga kadang-kadang istilah query dirujukkan pada perintah SELECT...
  • Penjumlahan dan Pengurangan Bilangna Biner
    Kali ini saya membuat artikel materi Pengantar Sistem dan Teknologi Informasi yaitu penjumlahan dan pengurangan bilangan biner. Penjumla...
  • Cara Dasar Bermain Angklung
    Pada artikel sebelumnya saya memberikan cara dasar bermain biola. Pada artikel kali ini, saya akan membagikan sediki...
  • Brute-Force String Matching
    Brute force string matching adalah algoritma string matching yang mencocokan     karakter yang ingin dicari kepada data yang ters...
  • Menentukan Letak Titik Berat
    I.              JUDUL Menentukan Letak Titik Berat II.           TUJUAN Menentukan letak titik berat suatu benda.

Labels

  • Algoritma
  • Basis Data
  • Materi SMA
  • pemrograman
  • PSTI
  • Sosial Media
  • Toturial

LIKE US ON FACEBOOK

TAGS

  • Algoritma
  • Basis Data
  • Materi SMA
  • pemrograman
  • PSTI
  • Sosial Media
  • Toturial

Join The Team

Arsip Blog

  • ▼  2016 (24)
    • ►  Desember (4)
    • ▼  November (8)
      • Uji Kandungan Urin
      • INTRODUCTION : BAHASA PEMROGRAMAN DAN PERANANNYA
      • Menentukan Letak Titik Berat
      • Brute-Force String Matching
      • Membuktikan Suatu Makanan Mengandung Protein, Lema...
      • Sequential Search
      • Kebugaran Jasmani
      • SISTEM OPERASI LINUX (Tugas Pengantar Sistem Tekno...
    • ►  Oktober (10)
    • ►  September (2)
Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Unknown
Lihat profil lengkapku

Popular Posts

  • Proses Pembuatan Cincin Perak
    Kembali lagi bersama saya, kaliini saya membuat artikel yang berjudul "Proses Pembuatan Cincin Perak". ...
  • Membuktikan Suatu Makanan Mengandung Protein, Lemak, Karbohidrat(amilum), dan Glukosa.
    A.   Tujuan Membuktikan bahwa suatu makanan mengandung protein, lemak, karbohidrat(amilum), dan glukosa. B.    Alat dan Ba...
  • Pointer
      Pointer   adalah suatu variable yang berisi alamat memory sebagai nilainya. Alamat ini merupakan lokasi dari obyek lain ( biasanya   varia...
  • Uji Kandungan Urin
    1.     Judul Uji Kandungan Urin 2.     Tujuan Untuk mengetahui pH urin serta kandungan berbagai zat (protein dan gula) dal...
  • Fungsi-Fungsi Toolbox pada CorelDraw
    1. Pick tool = berfungsi untuk seleksi objek atau memilih objek Freehand Pick tool = berfungsi untuk seleksi objek secara beba...
  • Query Select
    SELECT adalah perintah yang paling sering digunakan pada SQL, sehingga kadang-kadang istilah query dirujukkan pada perintah SELECT...
  • Penjumlahan dan Pengurangan Bilangna Biner
    Kali ini saya membuat artikel materi Pengantar Sistem dan Teknologi Informasi yaitu penjumlahan dan pengurangan bilangan biner. Penjumla...
  • Cara Dasar Bermain Angklung
    Pada artikel sebelumnya saya memberikan cara dasar bermain biola. Pada artikel kali ini, saya akan membagikan sediki...
  • Brute-Force String Matching
    Brute force string matching adalah algoritma string matching yang mencocokan     karakter yang ingin dicari kepada data yang ters...
  • Menentukan Letak Titik Berat
    I.              JUDUL Menentukan Letak Titik Berat II.           TUJUAN Menentukan letak titik berat suatu benda.

Labels

  • Algoritma
  • Basis Data
  • Materi SMA
  • pemrograman
  • PSTI
  • Sosial Media
  • Toturial

Recent Comments

© 2016 Catatan Kecil KYP Selama Kuliah di TI Udayana | All rights reserved
Created By Responsive Blogger Templates